Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Cahaya matahari berfungsi untuk menghasilkan panas serta kehangatan sehingga suhu di wilayah Bumi ini bisa ditinggali manusia & makhluk hidup lainnya.
Sinar Matahari
Sinar Matahari

Sinar Matahari atau disebut juga Sinar Mentari sangat memainkan peranan yg sangat penting untuk kehidupan manusia, mulai dari mendorong pertumbuhan tanaman sampai menghangatkan tubuh kita.

Mayoritas dari kita dapat menikmati sensasi sinar mentari terutama di pagi hari dan selain itu juga banyak juga bukti yang mendukung manfaat kesehatannya.

Mentari merupakan sumber tenaga dan cahaya bagi Bumi. Cahaya matahari berfungsi untuk menghasilkan panas serta kehangatan sehingga suhu di wilayah Bumi ini bisa ditinggali manusia dan makhluk hidup lainnya.

Selain itu, berikut adalah sejumlah manfaat lain dari sinar mentari yg bisa anda peroleh.

Sumber Vitamin D 

Sinar mentari merupakan sumber vitamin D yang mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh kita.

Vitamin ini berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, sel darah, jantung, otak, daya tahan tubuh, serta mencegah penyakit masuk.

Untuk mampu mendapatkan khasiatnya, Anda rutin berjemur di bawah sinar mentari setiap pagi selama 15-30 menit.

Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat sinar mentari bagi kesehatan yang ke 2 ialah berfungsi untuk meningkatkan kualitas tidur.

Tubuh dapat membentuk hormon yang dianggap melatonin yang sangat penting buat membantu anda tidur lelap.

Tubuh kita baru mulai memproduksinya ketika gelap, anda umumnya mulai merasa mengantuk 2 jam setelah mentari terbenam.

Penelitian menerangkan bahwa satu jam cahaya alami pada pagi hari akan membantu Anda tidur lebih nyenyak. Sinar mentari mengatur jalannya sirkadian dengan memberi tahu tubuh kapan wajib menaikkan dan menurunkan kadar melatonin.

Jadi, semakin sering paparan sinar mentari yang anda dapatkan, semakin baik tubuh anda dalam menghasilkan melatonin ketika waktunya tidur.

Mengurangi Stres

Manfaat sinar mentari bagi kesehatan yang ke 2 ialah untuk membantu mengurangi stres.

Melatonin dapat menurunkan reaktivitas stres. Mendapatkan paparan sinar mentari yang cukup akan dapat membantu tubuh mengatur melatonin secara alamiah dan bisa membantu mengurangi taraf stres Anda.

Kita juga dapat sinar mentari yang aktif ketika berada pada luar ruangan contohnya ketika berjalan, bermain, dan olahraga ekstra, hal ini pula bisa semakin membantu menurunkan stres.

Membuat Tulang Tetap Kuat

Manfaat sinar mentari bagi kesehatan kita yang ke 4 ialah untuk membantu menjaga tulang supaya tetap kuat.

Salah satu cara terbaik buat menerima vitamin D ialah dengan beraktifitas diluar ruangan agar mendapatkan sinar mentari.

Tubuh menghasilkan vitamin D ketika terkena sinar mentari . Sekitar 15 menit di bawah sinar mentari sehari sudah cukup buat menerima asupan manfaatnya.

Dan karena Vitamin D dapat membantu tubuh mempertahankan kalsium dan mencegah tulang rapuh, tipis, atau cacat, berjemur pada bawah sinar mentari acapkali adalah hal yang sering disarankan oleh para dokter.

Menurunkan Berat Badan

Sudah rajin berolahraga dan menjalani pola makan yang sehat tetapi berat badan tidak turun juga anda mungkin melewatkan satu hal sepele yang ternyata baik buat tubuh kita, yakni berjemur di bawah sinar mentari.

Manfaat sinar mentari ini ternyata pernah dibahas dalam penelitian berdasarkan Scientific Reports.

Para peneliti dari Scientific Reports memberitahukan bahwa gelombang cahaya biru yang dapat menembus kulit dan mencapai sel lemak di bawahnya, dapat mengurangi lemak di tubuh.

Artinya lemak akan dilepaskan berdasarkan sel dan sel tubuh tidak akan menyimpan banyak lemak.

Hal ini dapat berkontribusi terhadap penurunan berat badan yang akan dicapai.

Mencegah rambut rontok

Siapa sangka jika berjemur di bawah sinar mentari ternyata sanggup mencegah kerontokan rambut.

Faktanya studi yang di dapat dalam Dermatology online journal menjelaskan kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan rambut rontok.

Vitamin D berperan penting dalam meningkatkan folikel rambut baru dan rambut lama.

Jika tubuh tidak menerima vitamin D yang cukup, pertumbuhan rambut baru akan menjadi terhambat.
Dan, sangat memungkinkan, cobalah berjemur di bawah sinar mentari selama 15 menit supaya kulit bisa menyerap vitamin D.

Apabila tidak dapat sinar mentari terlalu lama, anda bisa juga dengan duduk dekat jendela yang mendapatkan sinar mentari yang masuk ke ruangan kita.

Meningkatkan sistem imun tubuh

Walaupun tidak secara langsung namun paparan sinar mentari ternyata sanggup menaikkan sistem imun yang bisa mengurangi risiko berbagai penyakit.

Hal ini dikarenakan vitamin D yang didapatkan dari paparan sinar mentari sudah dikenal bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Maka berdasarkan itu paparan sinar mentari kini tidak hanya dipercaya menjadi karsinogen, melainkan pula sanggup dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sinar mentari memang memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita.

Demikian penjelasan singkat mengenai manfaat sinar matahari untuk tubuh kita, semoga kita bias mendapatkan sinar matahari yang cukup agar tubuh kita bisa tetap sehat dan kuat.
FJB BATAM

Posting Komentar

© FJB BATAM - Forum Jual Beli Batam Developed by HALO BATAM