JEMBATAN BARELANG

Sebagai warga batam, kita juga menyebutkan nama lain dari jembatan barelang batam ini dengan nama "Jembatan Habibie"
Jembatan Barelang

Tentang Jembatan Barelang

Jembatan Barelang adalah sekumpulan jembatan yang menghubungkan pulau-pulau yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru di daerah Batam, provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Masyarakat setempat menyebutnya "Jembatan Barelang".

Jika pada umumnya, Jembatan merupakan struktur yang dibuat untuk mempermudah untuk bisa menyeberang, seperti jurang atau rintangan seperti sungai, rel kereta api ataupun jalan raya.
Dan Jembatan pun dibangun agar bisa membantu penyeberangan, seperti penyeberang dengan berjalan kaki, dengan kendaraan ataupun dengan kereta api di atas halangan.

Jembatan juga merupakan bagian dari infrastruktur transportasi darat yang sangat vital dalam aliran perjalanan (traffic flows)di tiap daerah manapun.
Karena, Jembatan sering menjadi komponen kritis dari suatu ruas jalan, karena sebagai penentu beban maksimum kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut.

Jembatan Barelang Batam

Jembatan Barelang Batam merupakan singkatan dari BAtam-REmpang-gaLANG. Dan Jembatan Barelang adalah sekumpulan jembatan yang menghubungkan pulau-pulau yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru di daerah Batam, provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Masyarakat setempat menyebutnya "Jembatan Barelang". Karena, adanya jembatan ini, kita dapat berkeliling antar pulau dari Batam hingga pulau Galang Baru dengan Cepat dan nyaman. 

Sebagai warga batam, kita juga menyebutkan nama lain dari jembatan barelang ini dengan nama "Jembatan Habibie" karena sebagai bentuk penghargaan atas jasa beliau dalam mengembangkan pulau Batam sebagai pulau industri serta mempelopori pembangunan jembatan barelang ini.

Jembatan Barelang

Dan Jembatan Barelang Batam merupakan ikon kota batam yang begitu populer dan tempat wisata favorit bagi anak muda di kota batam.

Terlihat pada hari malam minggu atau pada hari libur nasional, di lokasi Barelang Bridge Batam sangat ramai dikunjungi warga batam maupun dari luar kota batam, bahkan ada juga turis dari luar negeri untuk berlibur ke jembatan barelang. 

Barelang Bridge Batam

Sejarah Jembatan Barelang Batam

Jembatan barelang batam tersebut selesai dibangun tahun 1997 oleh Almarhum BJ. Habibie. 

Jembatan Barelang Batam merupakan pilot project berteknologi tinggi yang melibatkan ratusan insinyur Indonesia tanpa campur tangan dari tenaga ahli luar negeri. Jembatan Barelang Dibangun guna memperluas wilayah kerja Otorita Batam, jembatan barelang ini telah menyedot anggaran sebesar Rp400 Miliar selama enam tahun (1992 – 1998) pembangunannya. Jembatan Barelang mempunyai Enam buah jembatan yang menghubungkan jalur Trans Barelang yang membentang sepanjang 54 kilometer.

Dan Jembatan Barelang ini memiliki total panjang 385 meter dengan material beton bertulang. Jembatan I ini memiliki metode konstruksi cantilever dengan menggunakan kabel sementara dengan struktur Lengkung.

Jumlah Jembatan Barelang Batam

Nah, Kita juga perlu tau, Ternyata Setiap Jembatan itu memiliki nama loh. Bagi Kamu yang sering ke barelang pasti bertanya-tanya, Apakah benar setiap jembatan memiliki nama masing-masing dari jembatan 1 hingga jembatan 6. 

Berikut ini adalah nama-nama jembatan yang perlu kamu ketahui, Yuk simak: 

  1. Jembatan I Barelang Batam (Tengku Fisabilillah)

    Jembatan I Barelang Batam (Tengku Fisabilillah)
    Jembatan I ini menghubungkan antara pulau Batam dengan pulau Tonton dan merupakan Jembatan yang terbesar dan terpanjang. 
  2. Jembatan II Barelang Batam (Nara Singa II)

    Jembatan 2 Barelang Batam (Nara Singa II)
    Jembatan II ini menghubungkan antara pulau Tonton dengan pulau Nipah. 
  3. Jembatan III Barelang Batam (Raja Ali Haji)

    Jembatan 3 Barelang Batam (Raja Ali Haji)
    Jembatan III ini menghubungkan antara pulau Nipah dengan Pulau Setokok. 
  4. Jembatan IV Barelang Batam (Sultan Zainal Abidin)

    Jembatan IV ini menghubungkan antara pulau Setokok dengan pulau Rempang. 
  5. Jembatan V Barelang Batam (Tuanku Tambusai)

    Jembatan V ini menghubungkan antara pulau Rempang dengan pulau Galang. 
  6. Jembatan VI Barelang Batam (Raja Kecil)

    Jembatan VI ini menghubungkan antara pulau Galang dengan pulau Galang Baru.
FJB BATAM

Posting Komentar

© FJB BATAM - Forum Jual Beli Batam Developed by HALO BATAM