PULAU BATAM

Pulau Batam merupakan Pulau yang ada di Indonesia yang mempunyai luas Area 1. 575 km² dan lokasi pulau batam berada di Provinsi Kepri (Kepulauan Riau)

PULAU BATAM

pulau batam, batam island By Foto Peta Pulau Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau - Indonesia Date uploaded: Mei 08, 2022 Pulau Batam merupakan pulau yang paling berdekatan dengan negara Singapura dan Negara Malaysia. Karena, Pulau Batam hanya terpisahkan oleh selat selebar 15 km, dan Pulau Batam merupakan kawasan perdagangan bebas, bagian dari kawasan Sijori.

Luas Pulau Batam

Pulau Batam merupakan Pulau yang ada di Indonesia yang mempunyai luas Area 1. 575 km² dan lokasi pulau  batam berada di Provinsi Kepri (Kepulauan Riau).

Dan Pulau Batam mempunyai lokasi yang sangat strategis, Sebab pulau batam ini terletak di jalur pelayaran internasional, perairan Selat Malaka dan Selat Singapura.

Geografis Pulau Batam

Secara geografis, Pulau batam yang dikenal sebagai wilayah Kota Batam mempunyai letak yang sangat strategis yaitu jalur pelayanan internasional dengan jarak 12,5 mil laut dari Negara Singapura. 

Dan Wilayah Pulau Batam terdapat lebih dari 400 (empat ratus) pulau dan 329 (tiga ratus dua puluh sembilan) pulau diantaranya telah diberi nama, termasuk di dalamnya pulau-pulau terluar di wilayah perbatasan negara Indonesia, yang berbatasan dengan: 

  1. Sebelah Utara Pulau Batam : Negara Singapura
  2. Sebelah Timur Pulau Batam : Kabupaten Bintan dan Tanjung Pinang
  3. Sebelah Selatan Pulau : Kabupaten Lingga
  4. Sebelah Barat Pulau Batam : Kabupaten Karimun

Status Pulau Batam

Sesuai Keputusan Presiden Nomor 41 Tahun 1973, Pulau Batam ditetapkan sebagai lingkungan kerja daerah industri dengan didukung oleh Otorita Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam atau lebih dikenal dengan Badan Otorita Batam (BOB) sebagai penggerak pembangunan Batam.

Seiring pesatnya perkembangan Pulau Batam, pada dekade 1980-an, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 1983, wilayah kecamatan Batam yang merupakan bagian dari kabupaten Kepulauan Riau, ditingkatkan statusnya menjadi Kotamadya Batam yang memiliki tugas dalam menjalankan administrasi pemerintahan dan kemasyarakatan serta mendudukung pembangunan yang dilakukan BP. Batam. 

Penetapan status Pulau Batam sebagai zona industri lewat Keputusan Presiden Nomor 41 Tahun 1973 tentang Daerah Industri Pulau Batam tidak saja membuat perubahan dalam pola kebijakan di bidang industri, akan tetapi juga di bidang pertanahan.

Dengan perubahan status tersebut, kebijakan pertanahan menjadi kewenangan Otorita Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam, yang disebut Otorita Batam, dan sekarang berubah menjadi daerah Perdagangan Bebas atau Free Trade Zone (FTZ) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2009, dengan pemberian hak pengelolaan.

Video Pulau Batam

FJB BATAM

Posting Komentar

© FJB BATAM - Forum Jual Beli Batam Developed by HALO BATAM